Kamis, 23 Februari 2012

SANGAHA


Sangaha berarti gabungan. Di sini dimaksudkan Citta atau kesadaran satu-persatu jenis dihitung, ada cetasika bergabung berapa jenis dan cetasika apa saja. Sangaha juga dimaksudkan menghitung jumlah Cetasika yang berada dalam Citta. Jadi, citta yang berjumlah delapan puluh sembilan atau seratus dua puluh satu jenis itu akan dihitung satu persatu atau secara berkelompok, ada berapa jenis cetasika yang datang bersekutu.
Citta yang dapat dibagi atas lima kelompok, ada Cetasika datang bersekutu sebagai berikut:
1.      Akusala Citta, ada cetasika bersekutu sebanyak 27 jenis.
2.      Ahetuka Citta, ada cetasika bersekutu sebanyak 12 jenis.
3.      Kamavacarasobhana Citta, ada cetasika bersekutu sebanyak 38 jenis.
4.      Mahaggata Citta, ada cetasika bersekutu sebanyak 35 jenis.
5.      Lokuttara Citta, ada cetasika bersekutu sebanyak 36 jenis.
Citta yang berjumlah delapan puluh sembilan atau seratus dua puluh satu jenis itu mempunyai Sangaha sebanyak tiga puluh tiga bagian, yaitu:
1.      Akusala Citta, ada Sangaha sebanyak tujuh bagian.
2.      Ahetuka Citta, ada Sangaha sebanyak empat bagian.
3.      Kamavacarasobhana Citta, ada Sangaha sebanyak dua belas bagian.
4.      Mahaggata Citta, ada Sangaha sebanyak lima bagian.
5.      Lokuttara Citta, ada Sangaha sebanyak lima bagian.

Sangaha dari Akusala Citta
Akusala Citta yang berjumlah dua belas jenis, ada cetasika bersekutu paling banyak dua puluh tujuh  jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga belas jenis dan Akusala Cetasika sebanyak empat belas jenis. Namun, setiap jenis Akusala Citta ada cetasika bersekutu tidak sama. Oleh sebab itu, Akusala Citta yang berjumlah dua betas jenis itu mempunyai Sangaha sebanyak tujuh bagian, menurut urutan adalah bagian 19, 18, 21, 20, 20, 22, clan 15.

Lobhamula Citta jenis pertama dan ketiga yang menjadi Asankharika, ada cetasika bersekutu sebanyak sembilan belas jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga belas jenis, Sabbakusaladharana Cetasika atau Mocatuka Cetasika sebanyak empat jenis, Lobha Cetasika, Ditthi Cetasika (masuk bersekutu untuk jenis pertama), dan Mana Cetasika (masuk bersekutu untuk jenis ketiga).
Lobhamula Citta jenis kelima clan ketujuh yang menjadi Asankharika, ada cetasika bersekutu sebanyak delapan betas jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua betas jenis (tidak termasuk piti), Mocatuka Cetasika sebanyak empat jenis, Lobha Cetasika, Ditthi Cetasika (masuk bersekutu untuk jenis kelima), dan. Mana Cetasika (masuk bersekutu untuk jenis ketujuh).
Lobhamula Citta jenis kedua dan keempat yang menjadi Sasankharika, ada cetasika bersekutu sebanyak dua puluh satu jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga betas jenis, Mocatuka Cetasika sebanyak empat jenis, Lobha Cetasika, Ditthi Cetasika (masuk bersekutu untuk jenis kedua), Mana Cetasika (masuk bersekutu untuk jenis keempat), Thina Cetasika, dan Middha Cetasika.
Lobhamula Citta jenis keenam, dan kedelapan yang menjadi Sasankharika, ada cetasika bersekutu sebanyak dua puluh jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua betas jenis (tidak termasuk piti), Mocatuka Cetasika sebanyak empat jenis, Lobha Cetasika, Ditthi Cetasika (masuk bersekutu untuk jenis keenam), Mana Cetasika (masuk bersekutu untuk jenis kedelapan), Thina Cetasika, dan Middha Cetasika.
Dosamula Citta jenis pertama yang menjadi Asankharika, ada cetasika masuk bersekutu sebanyak dua puluh jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua betas jenis (tidak termasuk Piti), Mocatuka Cetasika sebanyak empat jenis, dan Docatuka Cetasika sebanyak empat jenis.
Dosamula Citta jenis kedua yang menjadi Sasankharika, ada cetasika masuk bersekutu sebanyak dua puluh dua jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua betas jenis (tidak termasuk Piti), Mocatuka Cetasika sebanyak empat jenis, Docatuka Cetasika sebanyak empat jenis, Thina Cetasika, dan Middha Cetasika.
Mohamula Citta sebanyak dua jenis, ada cetasika masuk bersekutu berjumlah sama adalah lima betas jenis, tetapi jenis cetasikanya ada sedikit berbeda, yaitu:
1.   Mohamula Citta jenis pertama, yaitu Vicikicchasahagata Citta atau Vicikicchasampayutta Citta, ada Cetasika bersekutu sebanyak lima belas jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak sepuluh jenis (tidak termasuk Adhimokkha, Piti, dan Chandha), Mocatuka Cetasika sebanyak empat jenis, dan Vicikiccha Cetasika.
2.    Mohamula Citta jenis kedua, yaitu Uddhaccasampayutta Citta, ada Cetasika bersekutu sebanyak lima belas jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak sebelas jenis (tidak termasuk Piti dan Chandha) dan Mocatuka Cetasika sebanyak empat jenis.

Sangaha dari Ahetuka Citta
Ahetuka Citta yang berjumlah delapan belas jenis, ada cetasika bersekutu paling banyak dua belas jenis, yaitu Annasamana Cetasika (tidak termasuk Chandha Cetasika). Di sini, Annasamana Cetasika masuk bersekutu dengan Ahetuka Citta paling banyak hanya dua belas jenis. Chandha Cetasika tidak dapat bersekutu dengan Ahetuka Citta, karena sifat Chandha Cetasika itu tidak sama dengan sifat Ahetuka Citta. Chandha Cetasika mempunyai sifat merasa puas hati dalam objek, ada keinginan akan berbuat, ada ketetapan hati akan berbuat, sedangkan Ahetuka Citta merupakan citta yang tidak dapat memilih yang baik dan yang buruk, sesuai dengan kehendaknya.
Ahetuka Citta yang berjumlah delapan belas jenis itu mempunyai Sangaha sebanyak empat bagian, menurut urutan adalah bagian 12, 11, 10, dan 7. Tujuh jenis cetasika yang disebut Sabbacittasadharana Cetasika itu pasti datang bersekutu pada Ahetuka Citta. Sedangkan, Pakinnaka Cetasika bersekutu dengan Citta menurut yang dapat disekutui.
Hasituppada Citta yang merupakan bagian dari Ahetuka Kiriya Citta, ada Cetasika datang bersekutu sebanyak dua belas jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua belas jenis (tidak termasuk Chandha).
Manodvaravajjana Citta yang merupakan bagian dari Ahetuka Kiriya Citta dan Somanassasantirana Citta yang merupakan bagian dari Ahetuka kusala vipaka Citta, ada cetasika datang bersekutu berjumlah sama, adalah sebelas jenis, tetapi jenis cetasikanya ada sedikit berbeda, yaitu:
1.      Cetasika yang bersekutu dengan Manodvaravajjana Citta adalah Annasamana Cetasika sebanyak sebelas jenis (tidak termasuk Piti Cetasika dan Chandha Cetasika).
2.      Cetasika yang bersekutu dengan Somanassasantirana Citta adalah Annasamana Cetasika sebanyak sebelas jenis (tidak termasuk Viriya Cetasika dan Chandha Cetasika).
Manodhatu yang berjumlah tiga jenis (terdiri atas Pancadvaravajjana Citta dan dua jenis Sampaticchanna Citta) dan Ahetuka Patisandhi Citta atau Upekkhasantirana Citta yang berjumlah dua jenis, ada cetasika datang bersekutu sebanyak sepuluh jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak sepuluh jenis (tidak termasuk Viriya, Piti, dan Chandha).
Dvipancavinnana Citta yang berjumlah sepuluh jenis, ada cetasika datang bersekutu sekelompok saja, yaitu Sabbacittasadharana Cetasika yang berjumlah tujuh jenis.

Sangaha dari Kamavacarasobhana Citta
Kamavacarasobhana Citta yang berjumlah dua puluh empat jenis, ada cetasika datang bersekutu paling banyak tiga, puluh delapan jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga belas jenis dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh lima jenis. Kamavacarasobhana Citta mempunyai Sangaha sebanyak dua belas bagian, menurut urutan sebagai berikut:
1.      Mahakusala Citta, ada Sangaha sebanyak empat bagian, yaitu bagian 38, 37, 37, dan 36.
2.      Mahavipaka Citta, ada Sangaha sebanyak empat bagian, yaitu bagian 33, 32, 32, dan 31.
3.      Mahakiriya Citta, ada Sangaha sebanyak empat bagian, yaitu bagian 35, 34, 34, dan 33.
Mahakusala Citta jenis pertama dan kedua, ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh delapan jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga belas jenis dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh lima jenis. Mahakusala Citta jenis ketiga dan keempat, ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh tujuh jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga belas jenis dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh empat jenis (tidak termasuk Panna Cetasika). Mahakusala Citta jenis kelima dan keenam, ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga. puluh tujuh jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua belas jenis (tidak termasuk Piti) dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh lima jenis. Mahakusala Citta jenis ketujuh dan kedelapan, ada Cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh enam jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua belas jenis (tidak termasuk Piti) dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh empat jenis (tidak termasuk Panna Cetasika).
Mahavipaka Citta jenis pertama dan kedua, ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh tiga jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga belas jenis, Sobhanasadharana Cetasika sebanyak sembilan belas jenis, dan Panna Cetasika. Mahavipaka Citta jenis ketiga dan keempat, ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga, puluh dua jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga belas jenis dan Sobhanasadharana Cetasika sebanyak sembilan belas jenis. Mahavipaka Citta jenis kelima dan keenam, ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh dua jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua belas jenis (tidak termasuk Piti), Sobhanasadharana Cetasika sebanyak sembilan belas jenis, dan Panna Cetasika. Mahavipaka Citta jenis ketujuh dan kedelapan, ada cetasika bersekutu sebanyak tiga puluh satu jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua belas jenis (tidak termasuk Piti) dan Sobhanasadharana Cetasika sebanyak sembilan belas jenis.
Mahakiriya Citta jenis pertama dan kedua, ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh lima jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga, belas jenis dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh dua jenis (tidak termasuk Virati yang terdiri atas tiga jenis). Mahakiriya Citta jenis ketiga dan keempat, ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh empat jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga belas jenis dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh satu jenis (tidak termasuk tiga jenis Virati dan Panna). Mahakiriya Citta jenis kelima dan keenam, ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh empat jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua belas jenis (tidak termasuk Piti) dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh dua jenis (tidak termasuk Virati yang berjumlah tiga jenis). Mahakiriya Citta jenis ketujuh dan kedelapan, ada cetasika bersekutu sebanyak tiga puluh tiga jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua belas jenis (tidak termasuk Piti) dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh satu jenis (tidak termasuk tiga jenis Virati dan Panna).

Sangaha dari Mahaggata Citta
Mahaggata Citta yang berjumlah dua puluh tujuh jenis, bila dihitung menurut kekuatan dari Jhana, ada cetasika bersekutu tidak sama jumlahnya. Oleh sebab itu, Mahaggata Citta mempunyai Sangaha sebanyak lima bagian, menurut urutan adalah bagian 35, 34, 33, 32, dan 30. Cetasika yang datang bersekutu pada Mahaggata Citta paling banyak berjumlah tiga puluh lima jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga belas jenis dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh dua jenis (tidak termasuk tiga jenis Virati).
Rupa Jhana tingkat pertama yang terdiri atas tiga jenis (Pathamajjhana Kusala Citta, Pathamajhana Vipaka Citta, dan Pathamajhana Viriya Citta), ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh lima jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga belas jenis dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh dua jenis (tidak termasuk tiga jenis Virati).
Rupa Jhana tingkat kedua yang terdiri atas tiga jenis (Dutiyajjhana Kusala Citta, Dutiyajjhana Vipaka Citta, dan Dutiyajjhana Kiriya Citta), ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh empat jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua belas jenis (tidak termasuk Vitakka Cetasika) dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh dua jenis (tidak termasuk tiga jenis Virati).
Rupa Jhana tingkat ketiga yang terdiri atas tiga jenis (Tatiyajjhana Kusala Citta, Tatiyajjhana Vipaka Citta, dan Tatiyajjhana Kiriya Citta), ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh tiga jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak sebelas jenis (tidak termasuk Vitakka dan Vicara) dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh dua jenis (tidak termasuk tiga, jenis Virati).
Rupa Jhana tingkat keempat yang terdiri atas tiga jenis (Catutthajjhana Kusala Citta, Catutthajjhana Vipaka Citta, dan Catutthajjhana Kiriya Citta), ada Cetasika datang bersekutu sebanyak dua puluh dua jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak sepuluh jenis (tidak termasuk Vitakka, Vicara, dan Piti) dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh dua jenis (tidak termasuk tiga jenis Virati).
Jhana Citta tingkat kelima yang terdiri atas lima belas jenis (tiga jenis Rupavacarapancamajjhana Citta dan dua belas jenis Rupavacara Citta), ada cetasika dapat bersekutu sebanyak tiga puluh jenis,
yaitu Annasamana Cetasika sebanyak sepuluh jenis (tidak termasuk Vitakka, Vicara, dan Piti) dan
Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh jenis (tidak termasuk tiga jenis Virati dan dua jenis Appamanna).

Sangaha dari Lokuttara Citta
Lokuttara Citta yang berjumlah delapan atau empat puluh jenis, ada cetasika bersekutu paling banyak tiga puluh enam jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga belas jenis dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh tiga, jenis (tidak termasuk dua jenis Appamanna Cetasika). Bila dihitung dengan kekuatan Jhana, Lokuttara Citta mempunyai Sangaha sebanyak lima bagian, menurut urutan adalah bagian 36, 35, 34, dan 33.
Pathamajjhanamagga Citta yang berjumlah empat jenis dan Pathamajjhanaphala Citta yang juga berjumlah empat jenis, ada Cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh enam jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak tiga belas jenis dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh tiga jenis (tidak termasuk dua jenis Appamanna Cetasika).
Dutiyajjhanamagga Citta yang berjumlah empat jenis dan Dutiyajjhanaphala Citta yang juga berjumlah empat jenis, ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh lima jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak dua belas jenis (tidak termasuk Vitakka Cetasika) dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh tiga jenis (tidak termasuk dua jenis Appamanna Cetasika).
Tatiyajjhanamagga Citta yang berjumlah empat jenis dan Tatiyajjhanaphala Citta yang juga berjumlah empat jenis, ada cetasika datang bersekutu sebanyak tiga puluh empat jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak sebelas jenis (tidak termasuk Vitakka dan Vicara) dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh tiga. jenis (tidak termasuk dua jenis Appamanna Cetasika).
Catutthajjhanamagga Citta yang berjumlah empat jenis dan Catutthajjhanamagga Citta yang juga berjumlah empat jenis, ada cetasika bersekutu sebanyak tiga puluh tiga jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak sepuluh jenis (tidak termasuk Vitakka, Vicara, dan Piti) dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh tiga jenis (tiga termasuk dua jenis Appamanna Cetasika).
Pancamajjhanamagga Citta yang berjumlah empat jenis dan Pancamajjhanaphala Citta yang juga berjumlah empat jenis, ada cetasika bersekutu sebanyak tiga puluh tiga jenis, yaitu Annasamana Cetasika sebanyak sepuluh jenis (tidak termasuk Vitakka, Vicara, dan Piti) dan Sobhana Cetasika sebanyak dua puluh tiga jenis (tidak termasuk dua jenis Appamanna Cetasika).

Sobhana Cetasika yang tidak mempunyai Sangaha
Ada Sobhana Cetasika yang tidak dapat bersekutu dengan Sobhana Citta, yaitu:
1.      Dalam delapan jenis Mahavipaka Citta tidak ada Virati Cetasika dan Appamanna Cetasika.
2.      Dalam delapan jenis Mahakiriya Citta tidak ada Virati Cetasika.
3.      Dalam delapan atau empat puluh jenis Lokuttara Citta tidak ada Appamanna Cetasika.
Dalam Mahavipaka Citta yang berjumlah delapan jenis tidak ada Virati Cetasika dan Appamanna Cetasika bersekutu. Sebab, Mahavipaka Citta merupakan Citta yang menjadi 'akibat’ dari Mahakusala Citta, menjalankan kewajiban bertumimbal lahir atau sebagai Patisandhi Citta. Ketika makhluk manusia atau dewa itu bertumimbal lahir, tidak ada hubungannya dengan samma vaca (bicara benar), samma kammanta (perbuatan benar), dan samma ajiva (pencaharian benar), serta juga tidak ada sangkut pautnya dengan karuna dan mudita.
Dalam Mahakiriya Citta yang berjumlah delapan jenis tidak ada Virati Cetasika bersekutu. Hal ini disebabkan karena Mahakiriya Citta merupakan citta kepunyaan Arahat, yang mana Arahat tidak memerlukan Virati Cetasika lagi. Arahat telah tamat dari pelajaran dan terbebas dari semua perbuatan salah. Sejak Arahattaphala Citta timbul, tidak perlu atau tidak ada pekerjaan yang harus terbebas dari kejahatan, karena Arahat tidak mempunyai kilesa lagi. Kilesa telah dimusnahkan oleh Arahat sampai ke akar-akarnya, sehingga kilesa itu tidak mungkin akan timbul lagi.
Dalam Mahaggata Citta yang berjumlah dua puluh tujuh jenis tidak ada Virati Cetasika bersekutu. Sebab, Mahaggata Citta timbul dengan ada Kammatthana sebagai objek, bukan timbul dengan melakukan Virati Cetasika. Jadi, untuk mencapai Jhana yang berarti menimbulkan Mahaggata Citta, seseorang harus melaksanakan Samatha Bhavana dengan mengambil objek Kammatthana, bukan dengan tidak melakukan Duccarita (kejahatan).
Dalam Lokuttara Citta yang berjumlah delapan atau empat puluh jenis tidak ada Appamanna Cetasika bersekutu. Sebab, Appamanna Cetasika akan timbul bila ada makhluk sebagai objek, sedangkan Lokuttara Citta mempunyai Nibbana sebagai objek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar