Kamis, 23 Februari 2012

SAMPAYOGA


Sampayoga berarti 'bersekutu'. Di sini dimaksudkan bahwa Cetasika setiap jenis itu dapat bersekutu dengan Citta berapa jenis, yaitu Citta apa. Jadi, dari kelima puluh dua jenis Cetasika itu akan dilihat satu persatu atau secara berkelompok masuk bersekutu dengan citta berapa jenis. Namun, di bawah ini akan diuraikan mengenai Sampayoga dari Cetasika yang bersekutu dengan Citta, khusus dalam Cittuppada (kesadaran yang timbul) setiap jenis.

Sampayoga dari Annasamana Cetasika
Annasamana Cetasika yang berjumlah tiga belas jenis itu bersekutu dengan berbagai macam citta atau kesadaran. Jika disebut dengan Sampayoga, maka Annasamana Cetasika ini dapat dibagi menjadi tujuh bagian, yaitu satu bagian untuk Sabbacittasadharana Cetasika dan enam bagian lain untuk Pakinnaka Cetasika.
Sabbacittasadharana Cetasika yang berjumlah tujuh jenis itu dapat bersekutu dengan semua citta. Phassa, vedana, sanna, cetana, ekaggata, jivitindriya, dan manasikara itu bersekutu dalam citta atau kesadaran setiap jenis. Jadi, ketujuh jenis cetasika ini selalu timbul mengikuti setiap jenis citta. Citta apa pun yang timbul pasti selalu disertai dengan ketujuh jenis cetasika ini.
Pakinnaka Cetasika yang berjumlah enam jenis itu bersekutu khusus hanya kepada yang patut disekutui. Jika disebut dengan Sampayoga, maka Pakinnaka Cetasika dibagi menjadi enam bagian, yaitu:
1.  Vitakka Cetasika bersekutu dengan Citta sebanyak 55 jenis, tetapi tidak bersekutu dengan Citta sebanyak 66 jenis.
2.    Vicara Cetasika bersekutu dengan Citta sebanyak 66 jenis, tetapi tidak bersekutu dengan Citta sebanyak 55 jenis.
3.    Adhimokkha Cetasika bersekutu dengan Citta sebanyak 78/110 jenis, tetapi tidak bersekutu dengan Citta sebanyak 11 jenis.
4.   Viriya Cetasika bersekutu dengan Citta sebanyak 73/105 jenis, tetapi tidak bersekutu dengan Citta sebanyak 16 jenis.
5.     Piti Cetasika bersekutu dengan Citta sebanyak 51 jenis, tetapi tidak bersekutu dengan Citta sebanyak 70 jenis.
6.    Chandha Cetasika bersekutu dengan Citta sebanyak 69/101 jenis, tetapi tidak bersekutu dengan Citta sebanyak 20 jenis.
Vitakka Cetasika bersekutu dengan Citta sebanyak lima puluh lima jenis, yaitu Akusala Citta sebanyak dua belas jenis, Ahetuka Citta sebanyak delapan jenis (tidak termasuk Dvipancavinnana Citta yang berjumlah sepuluh jenis), Kamavacarasobhana Citta sebanyak dua puluh empat jenis, dan Pathamajjhana Citta sebanyak sebelas jenis. Vitakka Cetasika tidak bersekutu dengan Citta sebanyak enam puluh enam jenis, yaitu Dvipancavinnana Citta sebanyak sepuluh jenis, Dutiyajjhana Citta sebanyak sebelas jenis, Tatiyajjhana Citta sebanyak sebelas jenis, Catutthajjhana Citta sebanyak sebelas jenis, dan Pancamajjhana Citta sebanyak dua puluh tiga jenis.
Vicara Cetasika bersekutu dengan Citta sebanyak enam puluh enam jenis, yaitu Akusala Citta sebanyak dua belas jenis, Ahetuka Citta sebanyak delapan jenis (tidak termasuk Dvipancavinnana Citta yang berjumlah sepuluh jenis), Kamavacarasobhana Citta sebanyak dua puluh empat jenis, Pathamajjhana Citta sebanyak sebelas jenis, dan Dutiyajjhana Citta sebanyak sebelas jenis. Vicara Cetasika tidak bersekutu dengan Citta sebanyak lima puluh lima jenis, yaitu Dvipancavinnana Citta sebanyak sepuluh jenis, Tatiyajjhana Citta sebanyak sebelas jenis, Catutthajjhana Citta sebanyak sebelas jenis, dan Pancamajjhana Citta sebanyak dua puluh tiga jenis.
Adhimokkha Cetasika bersekutu dengan Citta sebanyak tujuh puluh delapan atau seratus sepuluh jenis, yaitu Akusala Citta sebanyak sebelas jenis (tidak termasuk Vicikiccha Citta), Ahetuka Citta sebanyak delapan jenis (tidak termasuk Dvipancavinnana Citta yang berjumlah sepuluh jenis), Kamavacarasobhana Citta sebanyak dua puluh empat jenis, Mahaggata Citta sebanyak dua puluh tujuh jenis, dan Lokuttara Citta sebanyak delapan atau empat puluh jenis. Adhimokkha Cetasika tidak bersekutu dengan Citta sebanyak sebelas jenis, yaitu Vicikicchasahagata Citta dan Dvipancavinnana Citta yang berjumlah sepuluh jenis.
Viriya Cetasika bersekutu dengan Citta sebanyak tujuh puluh tiga atau seratus lima jenis, yaitu Akusala Citta sebanyak dua belas jenis, Manodvaravajjana Citta, Hasituppada Citta, Kamavacarasobhana Citta sebanyak dua puluh empat jenis, Mahaggata Citta sebanyak dua puluh tujuh jenis, dan Lokuttara Citta sebanyak delapan atau empat puluh jenis. Viriya Cetasika tidak bersekutu dengan Citta sebanyak enam belas jenis, yaitu Ahetuka Citta sebanyak enam belas jenis (tidak termasuk Manodvaravajjana Citta dan Hasituppada Citta).
Piti Cetasika bersekutu dengan Citta sebanyak lima puluh satu jenis, yaitu Somanassalobhamula Citta sebanyak empat jenis, Somanassasantirana Citta, Somanassahasituppada Citta, Somanassakamasobhana Citta sebanyak dua belas jenis, Pathamajjhana Citta sebanyak sebelas jenis, Dutiyajjhana Citta sebanyak sebelas jenis, Tatiyajjhana Citta sebanyak sebelas jenis. Piti Cetasika tidak bersekutu dengan Citta sebanyak tujuh puluh jenis, yaitu Upekkhalobhamula Citta sebanyak empat jenis, Dosamula Citta sebanyak dua jenis, Mohamula Citta sebanyak dua jenis, Upekkhasahetuka Citta sebanyak empat belas jenis, Kayavinnana Citta sebanyak dua jenis, Upekkhakamasobhana Citta sebanyak dua belas jenis, Catutthajjhana Citta sebanyak sebelas jenis, dan Pancamajjhana Citta sebanyak dua puluh tiga jenis.
Chandha Cetasika bersekutu dengan Citta sebanyak enam puluh sembilan atau seratus satu jenis, yaitu Lobhamula Citta sebanyak delapan jenis, Dosamula Citta sebanyak dua jenis, Kamavacarasobhana Citta sebanyak dua puluh empat jenis, Mahaggata Citta sebanyak dua puluh tujuh jenis, dan Lokuttara Citta sebanyak delapan atau, empat puluh jenis. Chandha Cetasika tidak bersekutu dengan Citta sebanyak dua puluh jenis, yaitu Mohamula Citta sebanyak dua jenis dan Ahetuka Citta sebanyak delapan belas jenis.

Sampayoga dari Akusala Cetasika
Akusala Cetasika yang berjumlah empat belas jenis itu bersekutu hanya dalam Akusala Citta saja. Bila disebut dengan Sampayoga, maka Akusala Cetasika itu dapat dibagi menjadi lima bagian, yaitu:
1.      Mocatuka Cetasika, bersekutu dengan Akusala Citta.
2.      Lotika Cetasika, bersekutu dengan Lobhamula Citta.
3.      Docatuka Cetasika, bersekutu dengan Dosamula Citta.
4.      Thiduka Cetasika, bersekutu dengan Akusala Sasankharika Citta.
5.      Vicikiccha Cetasika, bersekutu dengan Vicikiccha Citta.
Mocatuka Cetasika yang berjumlah empat jenis itu dapat bersekutu dengan Akusala Citta yang berjumlah dua belas jenis. Moha Cetasika, Ahirika Cetasika, Anottappa Cetasika, dan Uddhacca Cetasika bersekutu dengan Akusala Citta semuanya.
Lotika Cetasika yang berjumlah tiga jenis itu dapat bersekutu dengan Lobhamula Citta yang berjumlah delapan jenis. Lobha Cetasika bersekutu dengan Lobhamula Citta semuanya. Ditthi Cetasika bersekutu dengan Lobhamula Citta khusus hanya pada Ditthigatasampayutta Citta sebanyak empat jenis. Mana Cetasika bersekutu dengan Lobhamula Citta khusus hanya pada Ditthigatavippayutta Citta sebanyak empat jenis.
Docatuka Cetasika yang berjumlah empat jenis itu dapat bersekutu dengan Dosamula Citta yang berjumlah dua jenis. Dosa Cetasika, Issa Cetasika, Macchariya Cetasika, dan Kukkucca Cetasika bersekutu dengan Dosamula Citta semuanya.
Thiduka Cetasika yang berjumlah dua jenis itu dapat bersekutu dengan Akusala Sasankharika Citta yang berjumlah lima jenis. Thina Cetasika dan Middha Cetasika bersekutu dengan Sasankharika dalam Akusala Citta, yaitu Lobhamula Citta yang menjadi Sasankharika sebanyak empat jenis dan Dosamula Citta yang menjadi Sasankharika sebanyak satu jenis.
Vicikiccha Cetasika yang berjumlah satu jenis itu bersekutu hanya dengan Vicikicchasahagata Citta saja. Vicikiccha sahagata Citta merupakan Mohamula Citta jenis pertama.

Sampayoga dari Sobhana Cetasika
Sobhana Cetasika yang berjumlah dua puluh lima jenis itu bersekutu khusus dalam Sobhana Citta saja, tetapi tidak dapat bersekutu secara bersama, semuanya. Bila disebut dengan Sampayoga, maka Sobhana Cetasika dapat dibagi menjadi empat bagian, yaitu:
1.      Sobhanasadharana Cetasika, bersekutu dengan Citta sebanyak lima puluh sembilan atau sembilan puluh satu jenis.
2.      Virati Cetasika, bersekutu dengan Citta sebanyak enam belas atau empat puluh delapan jenis.
3.      Appamanna Cetasika, bersekutu dengan Citta sebanyak dua puluh delapan jenis.
4.      Panna Cetasika, bersekutu dengan Citta sebanyak empat puluh tujuh jenis.
Sobhanasadharana Cetasika yang berjumlah sembilan belas jenis itu dapat bersekutu dengan Sobhana Citta yang berjumlah lima puluh sembilan atau sembilan puluh satu jenis. Kesembilan belas jenis cetasika itu akan bersekutu bersama semuanya, tidak ada yang terkecuali, dengan Sobhana Citta, tidak peduli citta yang mana akan timbul. Saddha, sati, hiri, ottappa, alobha, adosa, tatramajjhattata, kayapassadhi, cittapassadhi, kaya lahuta, citta lahuta, kaya muduta, citta muduta, kaya kammannata, citta kammannata, kaya pagunnata, citta pagunnata, kayujukata, cittujukata itu bersekutu dengan Sobhana Citta seluruhnya.
Virati Cetasika yang berjumlah tiga jenis itu dapat bersekutu dengan Citta sebanyak enam belas atau empat puluh delapan jenis, yaitu Mahakusala Citta sebanyak delapan jenis dan Lokuttara Citta delapan atau empat puluh jenis. Jadi, Samma Vaca, Samma Kammanta, dan Samma Ajiva bersekutu dengan Citta sebanyak enam belas atau empat puluh delapan jenis.
Appamanna Cetasika yang berjumlah dua jenis itu dapat bersekutu dengan Citta sebanyak dua puluh delapan jenis, yaitu Mahakusala Citta sebanyak delapan jenis, Mahakiriya Citta sebanyak delapan jenis, dan Rupavacara Citta sebanyak dua belas jenis (tidak termasuk Rupavacara Pancamajjhana Citta yang berjumlah tiga jenis). Jadi, karuna cetasika dan mudita cetasika bersekutu dengan citta sebanyak dua puluh delapan jenis.
Panna Cetasika dapat bersekutu dengan Citta sebanyak empat puluh tujuh jenis, yaitu Kamavacarananasampayutta Citta sebanyak dua belas jenis, Mahaggata Citta sebanyak dua puluh tujuh jenis, dan Lokuttara Citta sebanyak delapan jenis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar